Digital Forensics Framework Common Phases Of Computer Forensics Investigation Models

00.56.00 0 Comments


Pengertian Framework
Frameworks adalah suatu struktur konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan atau menangani suatu masalah kompleks. Istilah ini sering digunakan antara lain dalam bidang perangkat lunak untuk menggambarkan suatu desain sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali, serta dalam bidang manajemen untuk menggambarkan suatu konsep yang memungkinkan penanganan berbagai jenis atau entitas bisnis secara homogeny.

Dalam Kamus Oxford mendefinisikan Frameworks sebagai "struktur pendukung atau yang mendasari". Framework komputer forensik dapat didefinisikan sebagai struktur untuk mendukung kesuksesan dalam penyelidikan forensik. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh ahli forensik hasilnya harus sama dengan orang lain yang juga melakukan penyelidikan yang sama. Sebuah framework juga tergantung pada sejumlah struktur. Dalam kasus komputer forensik, atau forensik secara umum, hukum yang membawahinya harus kuat. Penyelidikan forensik harus dilakukan secara ilmiah dan harus mematuhi semua persyaratan hukum, Bukti harus dikumpulkan sesuai dengan cara ini untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam intern investigasi, sidang disipliner atau kasus pengadilan.

Perbandingan
Dalam jurnal Common Phases Of Computer Forensics Investigation Models Dijelaskan berbagai macam bentuk framework Digital forensics mulai dari tahun 1984 hingga tahun 2011.




Dari gambar di atas, tahapan dari Digital Forensic dapat dikelompokkan sebagai berikut ini :
https://innuddin.wordpress.com/2015/08/21/idff-dan-idfif-menggunakan-metode-sequential-logic/

Pada gambar di atas kita dapat melihat berbagai model framework Digital Forensic, dari banyaknya model ini manakah yang dapat dijadikan standar untuk menangani bukti digital ?.

Setelah dibandingkan dengan framework yang diatas tahun 2011, ternyata tidak ada perubahan signifikan. Hanya saja penamaan (istilah) yang berbeda. 



Kesimpulan 
Framework dalam digital forensic belum memiliki standarisasi yang mutlak, sehingga masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Tidak heran kita menemukan berbagai macam model dari framework digital forensic.

Refrensi
Yusoff, Y., Ismail, R., & Hassan, Z. (2011). Common phases of computer forensics investigation models. International Journal of Computer Science & Information Technology. Dari
http://airccse.org/journal/jcsit/0611csit02.pdf

Rahayu, Y. D., & Prayudi, Y. (2014). Membangun integrated digital forensics investigation framework (idfif) menggunakan metode sequential logic. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (SENTIKA 2014)

Reconstruction of Events in Digital Forensics (http://www.ijettjournal.org/volume-4/issue-8/IJETT-V4I8P136.pdf)

Forensika Digital

Tidaklah manusia dilahirkan kecuali dalam keadaan bodoh, tidak mengetahui sesuatu apapun, kemudian Allah memberikan dia ilmu sehingga ia bisa mengenali, berjalan dan juga berfikir.

0 komentar: