Penjelasan Tentang Cyber Crime Black Market

21.15.00 0 Comments


Beberapa tahun terakhir ini telah populer kejahatan yang dilakukan melalui internet, bahkan sekarang pencurian tidak lagi dilakukan dengan mendatangi rumah korban / mengancam korban. Melainkan dilakukan dengan menyebarkan malware yang dapat bekerja secara tersembunyi dalam komputer untuk mencuri data-data penting yang dimiliki korban. Kemudian data tersebut dikumpulkan untuk di jual/disebarkan. Nah, kegiatan ini yang dalam dunia IT biasa disebut dengan Cyber Crime Black Market. 

Pelaku Cyber Crime Black Market
Cyber Crime Black Market bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu ada koordinasi yang baik dan anggota tim yang professional demi keberhasilan tindakan kejahatan ini. Berikut ini merupakan profesi keahlian yang mendukung kegiatan Cyber Crime Black Market :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgurq2gSnW0Ln2kap_S9D78NyE1OlOdq7M5zAw1pedRWU5FvdIGw84RaUKfbsUv-Y3r1CJ5DnqGZLqnyk8SNiOwvHseL5fzLXILaGmRb_EZBIkT1hyphenhyphenm-zmQ7e6Ahzhn-uaRH17vKCoty0M/s1600/1.jpg
Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgurq2gSnW0Ln2kap_S9D78NyE1OlOdq7M5zAw1pedRWU5FvdIGw84RaUKfbsUv-Y3r1CJ5DnqGZLqnyk8SNiOwvHseL5fzLXILaGmRb_EZBIkT1hyphenhyphenm-zmQ7e6Ahzhn-uaRH17vKCoty0M/s1600/1.jpg

Proses terjadinya cyber crime black market
Menurut (Bull Guard, n.d.) proses terjadinya kejahatan Cyber Crime Black Market adalah sebagai berikut :
Pembuatan malware untuk membobol sistem
Programer membuat malware kemudian hacker menyebarkannya melalui media sosial baik berupa spam ataupun phising. Bila korban terjebak oleh malware tersebut, data-data korban akan di kirimkan ke servers yang telah disiapkan Hosted Server Providers. Dan data yang telah didapatkan tadi digunakan untuk maksud ke akun korban untuk mencuri identitas ataupun uang korban. Bisa juga data yang telah di dapatkan langsung di jual ke Black Market.
Promosi terhadap konten ilegal ke Black Market
Proses promosi ini sama saja dengan mempromosi pada umumnya, pada Black Market juga terjadi persaingan yang kompetitif. Namun, dalam Black Market ini proses promosi barng dilakukan kepada sesama penjahat. Ada juga yang memberikan garansi dan diskon.
Proses penjualan
Penjualan bisa dilakukan dengan beberapa cara :
a. Negosiasi melalui private chat / email
b. Menggunakan toko online
c. Mentapkan metode pembayaran seperti menggunakan western union
d. Memberikan jaminan terhadap barang / produk yang dijual. Misalnya apabila kartu kredit tidak valid, maka bisa ditukar.
Pencucian uang
Proses pencucian uang dilakukan dengan perantara money mule untuk meminimalisir resiko pelacakan.

Daftar harga produk di Black Market
Sumber : http://blog.didiksudyana.com/2015/12/cyber-crime-black-market.html
Kiat kiat mengantisipasi terjadinya Cyber Crime Black Market
Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diusahakan agar terhindar dari target Cyber Crime Black Market :

1. Tidak menyebar luaskan biodata pribadi di media sosial
2. Tidak memberikan data pribadi melalui telepon kepada pihak yang tidak dikenal
3. Tidak menyimpan password di dalam komputer, usahakan untuk menghafal.
4. Menghapus coockies dan melakukan clear historys
5. Mengganti password kartu kredit secara berkala
6. Menginstal antivirus dan tetap melakukan update
7. Mematikan komputer setelah menggunakannya
8. dan lain-lain

Refrensi :
[1] http://blog.didiksudyana.com/2015/12/cyber-crime-black-market.html
[2]Bull Guard. (n.d.). The Online Black Market – How It Works (Part I). Retrieved November 26, 2015, from http://www.bullguard.com/bullguard-security-center/internet-security/internet-threats/online-black-market-part-i.aspx
[3]http://www.pandasecurity.com/mediacenter/src/uploads/2014/07/The-Cyber-Crime-Black-Market.pdf

Junior

Tidaklah manusia dilahirkan kecuali dalam keadaan bodoh, tidak mengetahui sesuatu apapun, kemudian Allah memberikan dia ilmu sehingga ia bisa mengenali, berjalan dan juga berfikir.

0 komentar: