Tips terhindar dari kejahatan cyber / Cybercrime

03.19.00 0 Comments

Sebenarnya kejahatan cyber tidak jauh berbeda dengan kejahatan tradisional, keduanya sama sama ingin mendapatkan sesuatu dengan cepat dan mudah. Namun untuk cybercrime dapat diatasi ada beberapa cara yang cukup efektif dan biaya yang relatif murah, untuk menghindari kejahatan cyber kita cukup berbekal akal sehat saja dengan begitu banyak kejahatan cyber dapat dihindari. Mirip sekali dengan mengamankan rumah seperti (memasang lampu, mengunci, membuat alaram bila perlu) maka akan semakin sulit bagi pelaku cybercrime untuk melakukan kejahatannya.

Berikut tips dasar yang bisa digunakan untuk menghindari kejahatan cyber :

1. Simpan komputer anda ditempat yang aman. 
Biasanya seorang pengguna komputer sibuk menggunakan antivirus, security atau jenis pengaman komputer agar komputernya aman dari serangan cyber. Namun, menaruh komputernya disembarang tempat. Ya resikonya walaupun menggunakan Antivirus kelas satu di dunia bahkan dijgad raya ini komputer anda akan hilang, di curi orang.

2. Komputer harus tetap dalam keadaan up to date
Karena palaku cybercrime senantiasa akan memanfaatkan kelemahan software anda, dengan melakukan update terhadap software yang anda gunakan/ sistem operasi anda itu mungkin bisa menggagalkan serangan cyber. 

3. Mengkonfigurasi system keamanan
Penting bagi seorang pengguna komputer untuk memperhatikan keamanan yang baik dan nyaman digunakan. Namun, terlalu banyak sistem keamanan yang digunakan juga bisa membuat pengguna tidak dapat mengakses situs web tertentu, maka gunakanlah fitur bantuan keaman.

4. Menggunakan password yang kuat.
Hal yang sepele yang biasa di abaikan oleh pengguna internet ialah penggunaan satu password untuk banyak akun, bahkan untuk semua akun internetnya, sebenarnya tidak masalah, sah sah saja pengguna melakukan hal itu, karena biasanya dengan banyaknya password pengguna mudah lupa. Ada beberapa kriteria password yang kuat yaitu : 

a. Menggunakan gabungan antara alfabet (huruf), numerik (angka) dan symbol.
b. Tidak menggunakan nama, tanggal lahir, tanggal pernikahan ataupun nomer telpon.
5. Gunakan antivirus, dan tetap update antivirus
Usahakan sebagai pengguna komputer agar tetap memperhatikan antivirus yang digunakan, karena antivirus yang tidak pernah di update maka bagaikan singa yang dikandangkan, tidak akan bisa menangkap virus yang beredar.

6. Jangan sebarkan informasi pribadi di internet
Kebaiasaan orang yang kecanduaan media sosial, senantiasa memposting setiap kegiatan yang dia lakukan, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, begitu juga biodata pribadinya mualai dari nama, tanggal lahir, jenis kelamin, no ktp, no hp, passport, nama orang tua, nama istri, plat mobil dll. Ini sangat memudahkan seorang penjahat cyber memata matai gerak gerik pengguna komputer. Jadi usahakan data yang anda gunakan tetap terjaga, sukur sukur tidak memberikan data diri lengkap di internet.

7. Aktifkan firewall
Jangan pernah mencoba mematikan firewall anda, firewall ini adalah dinding pertahanan komputer yang terdepan.

8. Matikan komputer
Biasakan mematikan komputer ketika selesai menggunakannya. Dan jangan tinggalkan komputer dalam keadaan menyala apalagi terkoneksi internet. 
Mungkin sekian dulu artikel sederhana ini semoga bisa membantu dan memberikan pencerahan. 
___________________
REFRENSI
 Sumber : National Crime Prevention Council

Forensika Digital

Tidaklah manusia dilahirkan kecuali dalam keadaan bodoh, tidak mengetahui sesuatu apapun, kemudian Allah memberikan dia ilmu sehingga ia bisa mengenali, berjalan dan juga berfikir.

0 komentar: